Ini lho penjelasan ilmiah kenapa kamu bisa melihat hantu

Fenomena penampakan hantu sampai saat ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Kamu penasaran nggak, gimana ceritanya kita bisa melihat penampakan makhluk menyeramkan ini? Nah untuk menjelaskannya, beberapa ilmuwan dari Amerika ini melakukan penelitian untuk mengungkap sebab kenapa kita bisa melihat hantu.

Eksperimen di sebuah tempat angker

Penjara angker via indocropcircles
Penjara angker via indocropcircles

Beberapa ilmuwan bekerja sama untuk menyelidiki fenomena ini. Mereka melakukan penelitian di sebuah tempat yang terkenal angker, yaitu penjara tua yang sudah lama nggak dipakai di daerah Eastern State Penitentiary di daerah Philadelphia Amerika. Beberapa saksi mata mengaku pernah melihat makhluk melayang di sekitaran penjara tersebut dan ini terjadi berkali-kali.

Untuk melancarkan eksperimen ini, para ilmuwan tersebut mengambil beberapa sukarelawan. Mereka yang menjadi sukarelawan ini adalah orang-orang yang tak percaya akan keberadaan hantu dan bukan penakut. Kemudian seluruh ruangan tersebut dilengkapi dengan kamera infra merah, detektor medan elektromagnet, sensor suhu, sensor audio dan video serta teknologi tercanggih lainnya. Bahkan beberapa diantara perangkat dan teknologi yang digunakan sama persis seperti yang NASA gunakan.

Hasil eksperimen pertama

Diskusi percobaan via indocropcircle
Diskusi percobaan via indocropcircle

Setelah peralatan terpasang lengkap, para sukarelawan ini menginap di penjara tersebut. Namun, tak satupun sukarelawan  yang didatangi atau merasakan keberadaan hantu. Mereka hanya merasakan udara dingin dan pengap. ‘Mungkin karena di dalam ruang sel ini tidak ada sirkulasi udara’, ujar salah satu relawan.

Ada pula yang berpendapat bahwa udara di dalam sel yang lembab menyebabkan kurang segarnya udara yang terhirup, sehingga menimbulkan bau yang tak sedap.

Percobaan selanjutnya, para ilmuwan melakukan sedikit trik

Pada percobaan kedua ini para ilmuwan melakukan sebuah trik. Mulanya trik ini dilakukan hanya untuk coba-coba saja. Mereka memasang beberapa pengeras suara rendah (subwoofer) yang besar. Subwoofer tersebut diletakkan di beberapa bagian penjara tanpa diketahui oleh para sukarelawan.

Frekuensi rendah via indocropcircle
Frekuensi rendah via indocropcircle

Pengeras suara rendah ini jika diaktifkan akan bergetar dibawah indera pendengaran manusia alias infra-sonic. Saat dinyalakan, membran pengeras suara akan maju mundur dengan hebat, tapi nggak bakalan ada suara yang terdengar oleh manusia.

Seperti biasa, para sukarelawan mulai menepati ruang tahanan mereka masing-masing. Setetengah jam kenudian pengeras suara tersebut diaktifkan. Beberapa saat kemudian terjadi suasana yang menurut para sukarelawan tak nyaman. Mereka mengaku pusing, jantung sedikit berdebar, bulu tengkuk dan pergelangan tangan merinding, bahkan ada yang melihat seperti asap yang keluar dari tembok. Apakah yang terjadi dengan mereka?

Gelombang frekuensi rendah

Yang menjadi penyebab para sukarelawan mengalami keadaan tak tanyaman tersebut adalah gelombang frekuensi rendah yang dihasilkan oleh subwoofer. Gelombang ini berbeda dengan gelombang lainnya. Very Low Frequency (VLF) atau gelombang yang sangat rendah dapat menembus benda-benda dari berbagai macam materi, bahkan tubuh manusia juga bisa ditembus oleh gelombang ini.

Tabel frekuensi via indocropcircles
Tabel frekuensi via indocropcircles

Karena dapat menembus badan manusia, maka gelombang tersebut juga mempemngaruhi organ-organ biologis dalam tubuh manusia, termasuk otak. Beberapa bagian otak dapat dengan mudah terpengaruh VLF ini, yakni bagian yang mengatur sistem keseimbangan dan kesadaran.

Dengan terpengaruhnya kedua bagian ini, maka otak dapat memerintahkan sel-sel tertentu kepada indera lainnya, seperti mata yang tiba-tiba melihat benda ang sebenarnya nggak ada. Telinga bisa mendengar suara-suara seperti bisikan, tawa terbahak-bahak, atau tangisan. Indera penciuman yang tiba-tiba mencium wangi bunga yang sebenarnya nggak ada. Termasuk kulit menyebabkan perasaan merinding pada tangan dan tengkuk. Pada saat inilah manusia mengalami kondisi seperti halusinasi dan pada sesi selanjutnya manusia dapat melihat ‘hantu’.

Gelombang rendah di lingkungan sekitar kita

Bagaimana dengan gelombang rendah yang alami? Di lingkungan sekitar kita, gelombang rendah dapat dipicu leh getaran-getaran yang sangat rendah dan pelan. Dedaunan atau alang-alang yang tertiup angin, tetesan air yang jatuh, rintik air hujan, putaran rendah kipas angin, serta benda apapun yang bergetar dengan frekuensi yang sangat-sangat rendah memicu terbentuknya gelombang rendah secara alami.

Tetesan air via yopiepangkey
Tetesan air via yopiepangkey

Apalagi jika berada di dalam gedung tua seperti penjara ini. Kelembaban karena air yang menetes, rumput-rumput, suara angin dan lainnya sangat mempengaruhi indera manusia.

Melalui percobaan ini, para ilmuwan yakin bahwa penampakan hantu sebenarnya dipicu oleh disfungsi cara kerja otak yang terpengaruh oleh VLF tersebut.

Bicara tentang keberadaan hantu memang diantara percaya nggak percaya. Semuanya terserah kamu untuk percaya akan keberadaan hantu atau tidak. Atau barangkali kamu punya cara lain lagi untuk membuktikan eksistensi hantu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *