Awas, Hindari 10 kebiasaan sepele yang membahayakan kesehatan Ini

Kebersihan adalah bagian penting dari kesehatan. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga agar kondisi linkungan dan tubuh terus bersih, misalnya dengan mandi, potong kuku, dan menyapu rumah setiap hari.

Namun kadang, penyakit seolah tak pernah bisa dihindari. Misalnya saja, tiap tahun kamu selalu berkutat dengan flu atau batuk. Nah, usut punya usut, ternyata setiap orang punya kebiasaan-kebiasaan yang mereka anggap sepele, namun ternyata bisa membahayakan kesehatan.

Apa saja? Berikut NgeHits sudah rangkum 10 di antaranya:

1. ‘Belum 5 Menit’

Makanan Jatuh di Lantai via Hideme
Makanan Jatuh di Lantai via Hideme

Pernahkah kamu menjatuhkan makanan, lantas berucap ‘belum 5 menit’, mengambilnya, dan memakannya kembali tanpa merasa berdosa? Memang, kebiasaan ini terlihat sederhana dan gak berbahaya. Namun makanan yang sudah jatuh ke lantai atau permukaan yang kotor berpotensi terkena bakteri dan kuman. Hal ini yang membuat kamu semakin mudah terserang penyakit.

2. Hobi Mandi

Keramas via Wikihow
Keramas via Wikihow

Ada beberapa orang yang memang punya hobi aneh, yakni mandi dan keramas sesering mungkin. Mereka menganggap kebiasaan ini bakal terus membuat tubuh dalam kondisi segar dan bersih. Namun sebaliknya, mandi lebih dari dua kali sehari justru membuat kulit berpotensi terkelupas. Hal ini bakal membuat bakteri dan kuman lebih mudah bersarang.

3. Cuci Muka Terlalu Sering

Cuci Muka via Fitness Kites
Cuci Muka via Fitness Kites

Sama seperti mandi, mencuci muka terlalu sering juga berdampak negatif pada tubuh. Bukannya terus merasa segar, kulit wajahmu akan terasa kering jika kebanyakan cuci muka, ditambah lagi kamu melakukannya dengan sabun. Kulitmu bakal terasa makin kering dan berpotensi menimbulkan jerawat.

4. Sabun bukan pembersih

Sabun via Prn
Sabun via Prn

Fakta yang mengejutkan, namun sabun ternyata bukan bahan pembersih tubuh. Sabun diciptakan hanya untuk membuat kulit lebih licin, hingga air serta gerakan menggosok bisa lebih mudah membuat kuman serta kotoran tersingkir dari tubuhmu.

5. Dilarang pinjam potong kuku

Gunting Kuku via eBay
Gunting Kuku via eBay

Meminjam potong kuku atau gunting kuku milik orang lain amat tidak disarankan. Kebiasaan yang terlihat sepele ini akan berpotensi membuat kukumu terjangkit bakteri atau kotoran dari sisa-sisa potongan kuku orang lain, yang bukan gak mungkin akan menimbulkan penyakit berbahaya.

6. Lap keringat dengan tangan

Lap Keringat via Natural Honey
Lap Keringat via Natural Honey

Secara gak sadar, kita sering sekali menyeka keringat di wajah dengan menggunakan tangan. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga. Nah, usut punya usut, mengelap keringat dengan tangan ternyata bisa menyebarkan bakteri yang ada di telapak tangan ke kulit wajah. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan muka dengan menggunakan handuk atau tisu.

7. Uang

Memegang Uang via Blog CDN
Memegang Uang via Blog CDN

Sebagai alat tukar utama yang diakui oleh semua orang, peredaran uang memang amat luar biasa. Setiap harinya, bisa terjadi ratusan atau bahkan ribuan kali perputaran uang di berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, uang juga menjadi sumber penyebaran bakteri dan kuman yang paling efektif. Perhatikan selalu dari mana kamu menerima uang dan jangan lupa mencuci tangan sesudah memegangnya.

8. Pegang remote, keyboard, dan smartphone

Pegang Smartphone via Amazon
Pegang Smartphone via Amazon

Ketiga benda di atas adalah yang paling sering kita pegang dalam kegiatan sehari-hari. Namun yang gak kita sadari adalah, ketiga benda tersebut ternyata menyimpan bakteri dan kotoran yang gak kalah banyaknya dengan gagang pintu toilet!

9. Gagang Toilet

Pegangan Pintu Toilet via Phantom Xii
Pegangan Pintu Toilet via Phantom Xii

Masih ada hubungannya dengan sebelumnya, gagang pintu toilet adalah salah satu tempat terbesar bersarangnya kuman, karena ada begitu banyak orang yang menyentuh tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setiap hari. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik dan pastikan kamu tidak menyentuh pegangan pintu toilet sembarangan sesudah mencuci tangan di kamar kecil.

10. Cuci tangan yang benar

Cuci Tangan via Biocote
Cuci Tangan via Biocote

Mencuci tangan adalah salah satu faktor penting yang bisa membantu kita terhindar dari kuman dan berbagai macam penyakit. Namun yang mengejutkan, penelitian menunjukkan bahwa hanya ada 5 persen manusia di seluruh muka bumi yang tahu cara mencuci tangan dengan benar. Jadi, mulai sekarang kamu membersihkan telapak tangan dengan cara yang tepat, agar penyakit enggak gampang hinggap di tubuhmu.

Semoga aja 10 tips ini bakal bisa bantu kamu dalam menjaga kebiasaan hidup bersih dan sehat. Jangan lupa bagikan tulisan ini agar orang-orang yang kamu sayangi juga bisa terus menjaga kebersihan mereka kapanpun dan dimanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *