Jangan sampai kamu meludah sembarangan di 5 kota atau negara ini, atau kamu akan didenda

Sebagian besar orang tentu akan setuju bahwa meludah sembarangan adalah tindakan yang menjijikkan dan merusak keindahan. Tapi bagaimana jika hasrat mengeluarkan ludah dari tenggorokan tidak terbendung? Kalau kamu berada di 5 negara atau kota ini, mending kamu pikir dua kali deh ketimbang kamu kena denda uang atau pidana.

1. Singapura

Singapore fine
Singapore via tvmrising.in

Singapura memang dikenal sebagai negara dengan 1001 larangan, salah satu yang terkenal adalah larangan meludah. Di negara ini, meludah sembarangan sudah dianggap sebagai sebuah tindakan kriminal lho. Kamu bisa didenda sampai 80 juta Rupiah. Singapura membuat aturan ini demi menjada reputasinya sebagai negara yang bersih.

2. Hangzhou, China

Meludah Hangzhou China
Larangan meludah China via hangzhouweekly.com

Baru-baru saja pemerintah kota Hangzhou, China membuat aturan baru yaitu tentang larangan meludah di sembarangan tempat. Mereka yang ketahuan meludah sembarangan bisa didenda 200 Yuan yang setara dengan 30 US Dollar atau sekitar 405ribu Rupiah. Konon aturan ini diberlakukan karena Hangzhou akan menjadi tuan rumah KTT G20 di 4-5 September 2016 mendatang.

3. Massachusetts, AS

dilarang meludah
No spitting via theguardian.com

Menurut hukum yang berlaku di Massachusetts, AS yang terlampir pada Malegislature.gov, meludah sembarangan termasuk tindakan kriminal yang merugikan kesehatan publik (Crime against public health). Seseorang akan mendapatkan denda kurang lebih 20 Dollar jika ketahuan meludah di tempat umum.

4. Maharashtra, India

meludah di india
Meludah via thehindu.com

Di India, Maharashtra adalah kota pertama yang memberlakukan aturan larangan meludah sembarangan. Sudah sejak Juni 2015 pemerintah setempat menyetujui aturan ini demi menjaga kebersihan jalanan kota. Dan hukuman untuk mereka yang meludah pun berbeda dengan wilayah lain. Jika ketahuan satu kali, kamu akan kena denda 1000 Rupee dan 1 hari pelayanan masyarakat. Jika ketahuan lagi untuk kedua kali, bersiaplah dengan denda 3000 Rupee dan 3 hari pelayanan masyarakat. Jika lebih dari itu, maka denda 5000 Rupee dan 5 hari pelayanan masyarakat siap menanti.

5. London, Inggris

Trotoar
Trotoar via standard.co.uk

Pada tahun 2011, pemerintah wilayah Newham memberlakukan larangan meludah sembarang pada 634 pelanggar. Kemudian 2013 pemerintah Waltham melalui peraturan Environmental Protection Act 1990 pun mengkategorikan meludah sembarangan sebagai litter (sampah) dan mendenda 42 orang. Hingga pada awal 2015, Eric Pickles, Sekretaris Negara khusus Masyarakat dan Pemerintah Daerah menyetujui untuk memberlakukan denda 80 Pounds untuk semua wilayah di London.

Kalau di Indonesia, sudah ada belum sih larangan untuk meludah? Secara pengendara dan pejalan kaki di Indonesia masih sering buang liur sembarangan. Menurutmu, perlu nggak pemerintah bikin aturan berskala nasional untuk tidak meludah sembarangan? Bagi pendapatmu di komentar ya!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *